Apa itu Saffron, jenis Saffron, dan Kegunaannya

Apa itu Saffron, jenis Saffron, dan Kegunaannya

Apa itu Saffron, jenis Saffron, dan Kegunaannya

Saffron termasuk rempah-rempah, dan pewarna alami. Tumbuhnya hanya bisa di daerah dengan kondisi cuaca khusus. Saffron sendiri asalnya dari bunga yang bernama saffron crocus. Stigma / 3 kepala putih di tiap bunga yang disebut sebagai saffron.

Bunga ini tumbuhnya di Kashmir dan Iran. Bahkan disebut sebagai rempah paling mahal yang dapat kamu temukan di dunia. Semakin baik kualitas saffron maka semakin mahal pula harganya.

Tanaman Langka

Mengapa harga saffron mahal? Selain karena kegunaannya yang banyak. Juga karena tanaman ini termasuk langka. Di mana hanya dapat tumbuh selama 1 minggu saja dalam 1 tahun.

Bunga saffron crocus pertama yang ditanam itu di Iran, dan sudah ada semenjak 3000 tahun terakhir. Hanya memang masyarakat Indonesia masih tidak banyak yang mengenal herbal yang berkualitas satu ini.

Saffron Kashmir dan Iran

90 persen produk saffron yang dijual ke berbagai negara diproduksi di Iran. Dan sisanya, sepersepuluh diproduksi di daerah Kashmir. Kalau kamu pernah berkunjung ke Persia, maka kamu akan melihat dalam masakan khas daerah tersebut selalu menggunakan saffron sebagai rempah-rempah.

Kenikmatan saffron sebagai rempah-rempah masih belum tergantikan. Memang saffron ini bukan rempah biasa, melainkan rempah dengan kandungan manfaat yang bermacam-macam. Baik untuk kesehatan, diet, hingga kecantikan kulit.

Kami menulis ini tidak asal. Sebab hal ini sudah dibuktikan melalui penelitian. Bahkan di Business Insider pernah menyebutkan kalau kandungan saffron itu beberapa di antaranya adalah bahan kimia yang harganya sangat mahal, antara lain:

  • Crocin
  • Safranal
  • Picrocrocin

Di mana ketiga bahan kimia ini merupakan senyawa utama dalam saffron yang dapat menciptakan warna, rasa, serta aroma khas. Yang juga membedakannya dari rempah-rempah lain. Termasuk harganya.

Kualitas Saffron

Kalau membahas mengenai kualitas dari saffron maka pembahasan tak akan lepas dari 3 komponen kimia di atas.

Kamu juga dapat menemukan makanan yang menggunakan saffron, seperti paella saffron yang dimanfaatkan orang-orang untuk memperkuat aroma makanan dan untuk pewarna alami. Dibandingkan menggunakan pewarna berbahan kimia jauh lebih baik menggunakan pewarna dari saffron.

Saffron yang juga digunakan sebagai rempah-rempah biasa dipakai untuk membuat kaldu, bumbu, hingga roti. Sebelumnya disebutkan kalau saffron digunakan menjadi pewarna alami. Sebenarnya warna apa yang akan tercipta dari saffron?

Jadi saffron ini akan menciptakan warna kuning emas. Penggunaan lain dari saffron selain untuk bahan makanan dan pewarna alami, juga dikonsumsi langsung. Ada yang diminum dengan bentuk kapsul, ada yang dicampur air.

Sekarang ini Saffron juga ditanam di beberapa negara lain seperti India, Amerika, dan Spanyol…

Namun bagi kamu yang ingin mengkonsumsi saffron dan merasakan khasiatnya, kamu tak perlu jauh-jauh ke negara tersebut. Lalu bagaimana caranya? Simak di bawah ini sobat.

Dapatkan harga saffron Kashmir dan Iran ORI terbaik

Kamu sekarang bisa membeli online langsung dari Saffron by SPB. Di sini hanya menjual produk saffron yang original saja. Dengan kemasan yang mungil dan berdesain menarik. Untuk harga juga sekarang sedang SALE. Jadi kamu bisa mendapatkan khasiat saffron dengan harga TERBAIK!

Ini list harga terbaru (Harga Promo!)

  • Saffron Iran Original 1 gram Rp 200.000,00
  • Saffron Iran Original 2 gram Rp 350.000,00
  • Saffron Kashmir Original 1 gram Rp 250.000,00
  • Saffron Kashmir Original 2 gram Rp 400.000,00

Mengapa beli di Saffronbyspb.com?

Karena produk saffron yang dijual di website kami sudah diuji laboratorium. Ada dokumen buktinya. Di mana pengetesan dilakukan di Lab Kesehatan & Kalibrasi Dinas Kesehatan DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta), dengan jenis contoh uji Saffron by SPB padat dan cair.

Hasil uji menunjukkan kalau produk Saffron by SPB bebas dari borak, sakarin, siklamat, dan metanyl yellow. Hasil pengetesan pada tahun 2019 dan RESMI.

Selain itu juga sudah diuji di Laboratorium VARNI

Varni analytical laboratory ini adalah lab yang berbasis di negara India dan dapat dipercaya. Yang memiliki alat-alat yang cukup untuk melakukan test makanan. Dan hasilnya menunjukkan kalau saffron by SPB yang kami jual aman dikonsumsi dan original. Tanpa ada campuran apapun, apalagi bahan-bahan kimia berbahaya, 100% bebas dari itu semua.

Jenis Saffron

Untuk pembagian jenis saffron berdasar pada daerahnya. Ada saffron Kashmir dan Iran, seperti disebutkan sebelumnya. Kamu harus tahu apa perbedaan di antara kedua jenis saffron ini. Dengan begitu kamu tak akan bingung mau membeli yang mana.

Kalau dilihat dari segi harga memang saffron Kashmir itu lebih mahal dari saffron Iran. Perlu kamu ketahui kalau pada dasarnya kedua jenis saffron ini memiliki khasiat sama. Perbedaan harga karena jarak yang lebih jauh ke Indonesia. Dengan kata lain karena pengaruh ongkos kirim.

Saffron Iran dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

  • Saffron Bunch

Yang paling murah. Cirinya punya putih lebih panjang dan terlihat serat kuningnya. Untuk warna atas tetap terlihat merah. Dan dari bentuknya diambil seakarnya.

  • Saffron Poushal

Untuk bahan bumbu masak. Kalau dilihat bentuknya sama saja dengan jenis saffron yang lain.

  • Saffron Sarghol

Dikenal juga dengan red gold. Punya aroma yang lebih tajam dibanding saffron jenis yang lainnya. Bentuknya sendiri tipis. Harga saffron Sarghol ini juga murah.

  • Saffron Top Negin

Ciri dari saffron ini memiliki putih lebih kering, pucuk kuning, bentuk agak panjang. Untuk harga Top Negin lebih mahal dibandingkan jenis Bunch, Poushal, dan Sarghol.

  • Saffron Finest Gold

Ini adalah jenis saffron Iran paling berkualitas. Putih terlihat sangat segar dan tak ada kering-keringnya sama sekali. Untuk bentuk terlihat agak panjang. Khasiat saffron Finest Gold untuk kesehatan sangat bagus, lebih efektif dibanding keempat jenis lainnya.

Beda saffron Iran dan saffron Kashmir

Sebelumnya kamu bisa melihat kalau harga di antara keduanya itu berbeda. Untuk varietas saffron Kashmir dapat dibilang yang terbaik dan termahal di dunia. Saffron Kashmir ini juga langka.

Saffron Kashmir dapat bertahan hingga 20 tahun, yang Finest Gold (Saffron Iran) hanya 2 tahun. Kalau kita lihat dari putiknya, putik pada saffron Kashmir ini nampak lebih fresh dan segar, tak ada kering-kering sama sekali. Kepala putih dari saffron Kashmir juga lebih besar.

Kegunaan Saffron

Baik saffron Iran dan saffron Kashmir sama-sama memiliki kegunaan untuk kesehatan, antara lain:

  • Menangkal radikal bebas
  • Mengurangi berat badan, menurunkan nafsu makan
  • Pengobatan depresi
  • Menekan laju dari pertumbuhan sel kanker di kanker usus
  • Menurunkan kadar lemak darah
  • Meringankan gejala PMS dan nyeri haid
  • Meningkatkan sensitivitas hormon insulin
  • Meringankan penyakit Alzheimer

Saffron by SPB aman untuk dikonsumsi dan dijual dengan harga terjangkau. Segera hubungi team support kami untuk pemesanan. Mau konsultasi dulu juga boleh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 
 
 

We use cookies to improve your experience on our website. By browsing this website, you agree to our use of cookies.
× Pesan Saffron? Klik disini

The product has been added to your cart.

Continue shopping View Cart